Impian Indahku…


Sebagai seorang pemula dibisnis Jasa konstruksi atau pengadaan barang/jasa pemerintah, saya ingin melihat pelakunya benar-benar profesional. Pelaku disini adalah PENGGUNA JASA yaitu PEMERINTAH dan PENYEDIA JASA yaitu KONTRAKTOR dan KONSULTAN.

Harapan pada PENGGUNA JASA adalah mereka bisa bekerja secara jujur, amanah, bertanggungjawab dan terutama tentunya bermoral ANTI KORUPSI.
Apakah ini bisa diwujudkan? Saya berharap bisa… Insya Allah!

Harapan kepada PENYEDIA JASA adalah Kontraktor dan Konsultan bisa bekerja secara PROFESIONAL sehingga pelaksanaan pembangunan di Negeri ini benar-benar bisa mensejahterakan masyarakat.

Apabila ini bisa diwujudkan, Insya Allah akan terbuka luas lapangan kerja dan menyerap begitu banyak pengangguran-pengangguran terdidik.

Kenapa saya berani berkata demikian? Karena pengalaman saya selama 3 tahun terakhir adalah begitu banyak lapangan kerja yang seharusnya menjadi haknya kaum terdidik telah diabaikan.
Contohnya:
Pada saat proses tender; dalam penawarannya diwajibkan ada Personil Inti, tetapi pada saat pekerjaan dilaksanakan umumnya tidak ada. Hal ini sudah menghilangkan kesempatan kerja yang seharusnya menjadi hak mereka.
Kenapa ini bisa terjadi?
Penyebabnya adalah pembiaran yang diberikan oleh PENGGUNA JASA / PEMERINTAH dalam hal ini instansi atau dinas terkait.
Siapa yang diuntungkan dalam hal tsb? Menurut analisa saya selama ini; untuk pekerjaan yang didapatkan dengan cara TENDER BEBAS, tidak ada yang diuntungkan karena dalam menawar harga, Penyedia Jasa sudah memotong jatah pengeluaran gaji personil inti tsb, sehingga penawarannya menjadi sangat rendah.
Adakah yang dirugikan?
Pasti ada, siapa? Yang paling utama adalah Tenaga Kerja Terdidik yang lapangan pekerjaannya sudah dihilangkan.

Selain itu tentunya cukup banyak persoalan-persoalan lain yg tidak beres dalam pelaksanaan pengadaan barang / jasa ini. Untuk kedepan saya akan berusaha terus menulis permasalahan tersebut sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan saya dan mencoba memperbaikinya terhadap setiap paket pekerjaan yang saya ikuti, mulai dari proses tender yaitu dengan cara menyanggah hal-hal yang tidak patut sejak saat pengambilan dokumen lelang sampai pengumuman pemenang lelang.
Dengan demikian harapan akan mimpi indah saya suatu saat akan terwujud.

Demikianlah, tulisan ini dan saya anggap ini adalah KATA PENGANTAR untuk Blog saya…

4 thoughts on “Impian Indahku…

Tinggalkan Balasan

