Oknum Pegawai Pajak Kerja untuk Kontraktor


foto ilustrasi pajak (VIVAnews.com)

Pada umumnya perusahaan kontraktor,  teutama perusahaan katagori kecil, tidak punya pegawai tetap. Semua pekerjaan dirangkap oleh pengurusnya, yaitu direktur dan wakil direktur. Tetapi hebatnya, semua pekerjaan mampu ditangani dengan tuntas, walaupun hasilnya belum tentu seperti yang diharapkan.

Kembali ke masalah pajak, sebenarnya masalah pelaporan pajak ini bukanlah perkara gampang. Pelaporan pajak lumayan rumit dan butuh ketelitian serta harus dilakukan secara berkala. Dan permasalahan pajak ini punya peran penting bagi perusahaan, terutama dalam rangka keikut sertaan perusahaan menjadi peserta tender. Pelaporan SPT Tahunan dan laporan bulanan untuk 3 (tiga) bulan terakhir menjadi persyaratan pada setiap proses tender. Pengurus perusahaan yang umumnya sama sekali tidak mengerti masalah perpajakan ini, ternyata mampu dengan mudahnya membuat semua laporan pajak tersebut. Mereka cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 300.000-500.000 kepada oknum pegawai kantor pajak, maka masalah pelaporan SPT tahunannya sudah bisa dituntaskan dengan segera.

Masalah ini perlu segera dibenahi di kantor pelayanan pajak, oknum pegawai yang bekerja untuk kontraktor seperti itu, jangan dibiarkan berlangsung terus-menerus, karena kalau dibiarkan berlangsung terus, maka jangan harap ada ketaatan oleh Wajib Pajak untuk melaporkan pajaknya secara rutin dan benar.

Akibat ulah oknum tsb juga memberikan efek negatif terhadap perkembangan perusahaan, hal ini memberi peluang kepada pengurus untuk berlaku tidak profesional. Selain itu juga sangat merugikan bagi angkatan kerja lulusan ekonomi ataupun lulusan perpajakan, lapangan kerja yang seharusnya menjadi hal mereka, sudah dirampas oleh oknum pegawai kantor pajak.

Oleh sebab itu, demi kebaikan dan kemajuan bersama, demi penyerapan angkatan kerja, serta profesionalisme kerja, maka diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk membenahi segera masalah-masalah seperti ini.

Artikel ini juga dimuat di ZONA MERAH dan LEMBAGA PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK

Tulisan terkait:

Asas Umum Pemerintahan yang Baik

Panggil Mereka KORUPTOR..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s