Kontraktor Aceh Perlu Advokasi Hukum


BANDA ACEH – Sejumlah proses pelelangan di Aceh selama ini masih diwarnai indikasi kecurangan dan praktik KKN berupa permintaan fee dan diskriminasi terhadap rekanan. Maka itu perlu dilakukan terobosan baru, yakni dengan membentengi para kontraktor dengan advokasi hukum.

Menurut Ketua Asosiasi Kontraktor Konstruksi Indonesia (Aksindo) Aceh, T Zainal TD, kepada Serambi, Rabu (21/7), kasus pembatalan proyek secara sepihak kerap dialami sejumlah kontraktor di Aceh. Kasus ini juga pernah dirasakan anggota Aksindo Aceh yang berjumlah sekitar 700 orang.

“Kami akan membangun akses pelayanan advokasi hukum yang baik kepada seluruh anggota Aksindo yang merasa dirugikan. Semoga terobosan baru yang kami lakukan ini bisa di contoh oleh asosiasi lainnya,” kata Zainal. Menurutnya, pemberian akses hukum tidak bisa ditawar-tawar lagi karena langkah itu merupakan awal peningkatan kualitas dan transparansi pelaksanaan kontruksi di Aceh. Jika kondisi ini tidak disiapi, hak-hak mutlak para kontraktor akan terus diabaikan panitia lelang. “Tidak sedikit uang yang dikeluarkan untuk mengikuti sebuah tender,” ucap Zainal.

Sementara itu Sekretaris Aksindo Aceh, Samsul B Tgk Ibrahim yang mendampingi Zainal saat itu menimpali, upaya menyediakan layanan advokasi hukum katanya merupakan wajib kifayah. Jadi karena hal itulah Aksindo merasa wajib melindungi anggotanya dengan membetengi mereka advokasi hukum.

“Untuk apa kita memiliki asosiasi yang besar, tapi pemenuhan hak anggota terlupakan. Saya melihat ada indikasi bagi-bagi jatah bagi penyedian barang dan jasa tertentu yang dekat dengan pembuat kebijakan. Hal-hal seperti inilah yang harus diadvokasi, sehingga para kontraktor tidak selalu dirugikan dalam pelelangan tersebut,” tandas Samsul yang juga mantan Executive Secretary Hipmi DKI Jakarta ini.

Dikutip dari www.serambinews.com

2 thoughts on “Kontraktor Aceh Perlu Advokasi Hukum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s