Prosedur Penentuan RAB Biaya Personil Pada Pekerjaan Jasa Konsultasi


Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pada pekerjaan jasa konsultasi yang sebelumnya mengacu pada Surat Keputusan Bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dengan Departemen Keuangan No. 1203/D.II/03/2000 dan SE No. 38/A/2000, tidak berlaku lagi karena sudah tidak sesuai dengan Keppres No. 80 Tahun 2003.

Menurut Keppres, penyusunan RAB biaya personil didasarkan pada harga yang berlaku yang disesuaikan dengan kualifikasi tenaga ahli yang dibutuhkan dan ruang lingkup pekerjaan;

Biaya satuan dari biaya langsung personil maksimum 3,2 (tiga koma dua) kali gaji dasar yang diterima tenaga ahli tetap dan maksimum 1,5 (satu koma lima) kali penghasilan yang diterima tenaga ahli tidak tetap, yang dibuktikan dengan daftar gaji yang telah diaudit dan/atau bukti setor pajak penghasilan tenaga ahli konsultan yang bersangkutan setelah dilakukan klarifi kasi dan/atau negosiasi (Lampiran I Bab II B.1.p.2)d));

Tenaga ahli harus berada di tempat sesuai dengan jadwal yang tercantum dalam kontrak, dan tidak dapat berperan sebagai tenaga ahli untuk pekerjaan lain pada waktu yang bersamaan.

Penyusunana RAB dan HPS biaya non personil pekerjaan jasa konsultasi disesuaikan dengan Standar Biaya Umum yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan atau Standar Biaya Khusus (SBK) yang ditetapkan oleh Kepala daerah (bilamana ada).

Pemberian fasilitas sewa kantor dapat disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Bilamana konsultan yang menjadi pemenang tidak berdomisili di tempat pelaksanaan pekerjaan, maka dapat diberikan fasilitas sewa kantor meskipun pelaksanaan pekerjaan kurang dari 6 (enam) bulan.

Sebaliknya bilamana pelaksanaan pekerjaan lebih dari 6 (enam) bulan dan konsultan yang menjadi pemenang berdomisili di wilayah yang sama dengan tempat pelaksanaan pekerjaan, maka fasilitas sewa kantor tidak perlu diberikan.

Sumber: Forum Pengadaan LKPP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s