BI Minta Suku Bunga Kredit Korporasi Satu Digit


JAKARTA–MICOM: Direktur Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia (BI) Wimboh Santoso mengungkapkan bahwa suku bunga kredit untuk korporasi yang diberikan perbankan seharusnya berada pada angka satu digit atau di bawah 10%.

Ia berpendapatan bahwa perbankan kurang tepat melakukan perhitungan dalam pemberian suku bunga kredit. “Kami sinyalir ada asymetric information atau bank menset harga seenaknya dia sehingga terjadi moral hazard,” ungkap Wimboh di Kantor BI, Jakarta, Senin (28/2).

Wimboh mengatakan bahwa suku bunga kredit untuk korporasi berada sekitar 12%. Namun idealnya, suku bunga kredit korporasi berada di bawah 10% atau satu digit.

“Nah itu bagi perusahaan yang bagus atau perusahaan yang premi risikonya baik atau pernah mengeluarkan surat utang maka harusnya di bawah 10%. Tapi, jika perusahaan dengan premi risiko yang besar itu biasanya paling tinggi 13%-14%,” jelas Wimboh.

Pihaknya belum mensinyalir adanya kartel dalam penetapan suku bunga perbankan. Namun 14 bank terbesar menempati urutan bank dengan bunga kredit korporasi yang tinggi.

Sumber: Media Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s