Debt Collector Helmy Tewas, Ada Kemungkinan Karena Polisi Lalai


Sebelum tewas, Helmy Yohannes Manuputi (34) dan manajernya di SMS (Sinar Mitra Sepadan) Finance dilaporkan ke polisi atas kasus perbuatan tidak menyenangkan oleh nasabahnya, Kopral Satu (Koptu R). “Koptu R pada Rabu 13 April melapor ke Polres Depok, terkait kasus perbuatan tidak menyenangkan pasal 335 KUHP,” ujar Kapolres Depok Kombes Pol Ferry Abraham saat dihubungi wartawan,  Selasa (19/4/2011).

Dalam laporannya, Koptu R mengaku pada Senin 11 April, dia mendatangi kantor SMS Finance di Margonda, Depok, untuk membayar utang. Saat itu kasir SMS Finance menyuruhnya menemui manajer lembaga pembiayaan itu. “Dia dibawa ke satu ruangan. Di situ sudah ditunggu sama Helmy dan salah satu orang yang mengaku manajer SMS Finance. Kurang lebih 2 jam negosiasi, dia harus melunasi. (www.detiknews.com)

Seharusnya, setelah menerima pengaduan tsb polisi langsung melakukan penyelidikan untuk mencari keterangan dan barang bukti (Pasal 4 KUHAP). Penyelidikan pada kasus spt ini sangatlah penting mengingat akan kemungkinan terjadi tindak lanjut diluar prosedur hukum, antara pihak2 yg terkait. Dan bila pengaduan Koptu R terbukti, seharusnya kepada Helmy, dapat dilakukan penahanan.

Untuk kasus spt ini, yaitu kejahatan menurut Pasal 335 KUHP, pembuat undang-undangpun menganggap sebagai kasus yang serius sehingga kepada tersangkanya dapat dilakukan penahanan walaupun ancaman pidananya hanya penjara paling lama satu tahun. Berdasarkan Pasal 21 KUHAP, tersangka atau terdakwanya dibolehkan untuk ditahan.

Helmy meninggal dunia di RS UKI, Cawang, Jakarta Timur pada Senin 18 April 2011 sore hari. Bila benar dugaan meninggalnya Helmy terkait dengan pengaduan Koptu R pada Rabu 13 April 2011 pada Polres Depok, maka ada kemungkinan Polres Depok telah lalai dalam menangani perkara tsb.

Akhirnya, Saya hanya bisa berharap, supaya Koptu R tidak terlibat dalam masalah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s