Dana Talangan, Istilah Dalam Suap Menyuap


Broker suap PT. Duta Graha Indah, Mirdo Rosalina Manulang, sudah mengenal sosok sesmenporan Wafid Muharam jauh sebelum tertangkap tangan tim penyidik Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) pada Kamis pekan lalu.

“Kenal cukup lama. Buktinya kan melakukan pertemuan kemarin (Kamis, 21/4),” kata Herman Usman, salah satu kuasa hukum Wafid, ketika dijumpai wartawan, di gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/4).

Herman menambahkan, Rosalina, juga diketahui sebagai salah satu penyedia dana ´ATM´ bagi Kemenpora.  Menurut dia, pergaulan Wafid dengan Rosalina lantaran hubungan pekerjaan.

Dalam hal ini, lanjut Herman, kehadiran Rosalina sebagai salah satu alternatif dari kebutuhan dana talangan untuk keperluan Kemenpora. “Pak Wafid sering butuh dana talangan. Kan kalau dunia olahraga terus untuk OKP itu selalu butuh anggaran-angaran dadakan,” jelas dia.

Dana Talangan

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Wafid Muharam menyebutkan pertemuannya dengan broker suap PT Duta Graha Indah Mirdo Rosalina Manulang sebagai inisiatif Kemenpora untuk mencari dana talangan sebesar Rp 6 miliar untuk persiapan penyelenggaraan Sea Games XXVI di Palembang, Sumatera Selatan.

Istilah dana talangan ini sudah jadi rahasia umum dikalangan pengusaha pengadaan barang/jasa pemerintah. Didaerah, biasanya pengusaha menalangi biaya tiket serta uang saku pejabat untuk pergi ke Jakarta, yg katanya utk mengurus proyek. Ada juga pengusaha yg menalangi biaya pengurusan proyek yg katanya harus di stor ke DPR atau pihak terkait lainnya, dgn nilai 3-5 % dari nilai proyek. Dan yg paling banyak adalah dana talangan untuk menangani proyek pencitraan, yg anggarannya kadang tidak masuk dlm perencanaan. Dana talangan ini akan dibayar dengan paket proyek seperti yg diduga terjadi pada Kemenpora.

Itulah fenomena suap yg terjadi dinegeri ini, fenomena ini mau dilegalkan dg mengganti istilahnya menjadi DANA TALANGAN.

Sumber: Primair Online.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s