GIB: Kasus DGI-Sesmenpora Tak Kalah Dahsyat dari Megaskandal Centurygate


Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M. Massardi menilai kasus suap Sesmenpora sedahsyat kasus megaskandal Centurygate. Terutama dari konspirasi dan persekongkolan modus operandinya.

Saat ini kita masih dipertontonkan dengan orang-orang korup yang sedang cari selamat dan berupaya lolos dari jeratan hukum.

“Harus diingat, selain KPK, ada elemen masyarakat antikorupsi, ada media yang mengawasi prosesnya. Semua ini sangat jelas terlihat seperti kita menonton panggung pertunjukkan,” ungkap Adhie.

Jubir Presiden era Gus Dur ini menambahkan, sebenarnya masyarakat bisa melihat siapa pengendali perusahaan PT DGI yang katanya 80,23 persen fokus pada proyek-proyek milik pemerintah. “Apakah suatu kebetulan, PT DGI juga ikut tender pembangunan gedung baru DPR yang konyol itu?” tanyanya.

Dari titik ini, menurut aktivis anti korupsi ini, logika masyarakat tidak sulit mengungkap siapa otak di belakang kasus suap di Kemnegpora  tersebut. “Lihat saja nama susunan petinggi PT DGI, apa hubungan antara mereka, bagaimana trackrecord mereka dalam menjalankan bisnis,” tegas Adhie.

Lebih lanjut, penyair ‘Negeri Para Bedebah’ ini mengatakan, aroma persekongkolan jahat antara penguasa dan politisi busuk serta pengusaha hitam sangat kentara dalam kasus ini.

“Pola-pola seperti ini terjadi akibat politisi di dalam parpol bertukar jasa dengan pengusaha hitam untuk mencapai ambisi politiknya. Politisi mendapatkan dukungan finansial untuk membayar kekuasaan politik, sementara sang pengusaha mendapatkan perlindungan (hukum) dalam menjalankan praktek-praktek usaha korup termasuk memenangkan tender yang tidak fair dan suap menyuap,” ujar Adhie.

Masih kata Adhie, sang pengusaha akan bernasib sial jika menggunakan dana investor, sehingga dia akan gelap mata untuk melakukan apa saja, termasuk mendapatkan proyek.

“Biasanya pengusaha yang sering melakukan praktek koruptif seperti ini adalah pengusaha “kejar tayang” yang hutang dan janjinya kepada investor hampir habis.

Sumber: http://www.rakyatmerdekaonline.com/news.php?id=25583

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s