KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan Jon Erizal Terkait Korupsi KRL Hibah


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Bendahara Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Jon Erizal pada bulan Mei, terkait kasus korupsi hibah gerbong kereta rel listrik (KRL) bekas dari Jepang.

Jon sedianya akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Direktur PT Powertel, perusahaan rekanan Dephub yang mengurusi pengiriman KRL. “Kita jadwalkan diperiksa pekan depan,” ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi, di Jakarta, Sabtu (30/4).

Jon diketahui mangkir pada pemeriksaan kemarin, Jumat (29/4). Mengenai hal tersebut, Johan mengatakan dari informasi yang diterima penyidik, Jon tak hadir lantaran tengah berada di luar negeri. “Kemarin dia (Jon) sudah memberi surat bahwa tidak bisa hadir karena bepergian ke luar negeri,” kata Johan.

Jon sedianya akan diperiksa terkait kasus dugaan korupsi biaya pengangkutan gerbon KRL hibah dari pemerintah Jepang di Kementerian Perhubungan semasa dipimpin Hatta Rajasa.

Jon akan dikorek sebagai saksi untuk tersangka Soemino Eko Saputro, mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Soemino ditunjuk Menteri Perhubungan waktu itu, Hatta Rajasa, mengomandoi urusan pengiriman KRL bekas tersebut. KPK menaksir kerugian negara dari ongkos pengiriman KRL tersebut mencapai Rp20 miliar dari dana Rp44,5 miliar yang dianggarkan oleh Dephub.

Menurut pengakuan Soemino, Jon bersama adik kandung Hatta Radjasa, Achmad Hafiz Tohir, dan dua pengurus PAN lainnya, pernah melakukan rapat bersama di kantor Menteri Hatta Radjasa. Dari pertemuan tersebut, Hatta diantaranya memerintahkan Jon mendampingi Soemino ke Jepang untuk mengurusi pengiriman KRL bekas tersebut.

Sumber: http://www.primaironline.com/berita/hukum/1536304-kpk-jadwal-ulang-pemeriksaan-jon-erizal-terkait-korupsi-krl-hibah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s