Partai Golkar setuju dan menghendaki bila partai politik dibiayai oleh APBN


Untuk menciptakan demokrasi yang sehat dan melepaskan partai politik dari jeratan kaum kapitalis, Partai Golkar setuju dan menghendaki bila partai politik dibiayai oleh anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

“Selama ini negara sama sekali lepas tangan. Padahal bila dibiayai APBN, partai tidak hanya akan dikuasai pengusaha melainkan juga oleh kader terbaik bangsa yang tidak memiliki uang,” kata anggota Komisi II dari Fraksi Golkar, Agun Gunanjar Sudarsa, kepada Rakyat Merdeka Online, beberapa saat lalu (Jumat, 6/5).

Menurut Agun, yang juga Ketua Fraksi Golkar di MPR, pembiayaan partai oleh negara sebenarnya konsekuensi dari jalan demokrasi yang dipilih. Namun Agun mengingatkan, pembiayaan partai tersebut harus benar-benar diaudit dan disalurkan kepada rakyat untuk pendidikan politik, kaderisasi, dan sosialisasi program.

“Tanpa money politics lagi, nanti rakyat yang memutuskan dalam pemilu partai mana yang tepat untuk dipilih,” tegas Agun.

Mantan Menteri Perekonomian Rizal Ramli, saat menyampaikan pidato kebudayaan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat (Rabu, 4/5), mengatakan agar sistem demokrasi sungguh-sungguh bekerja untuk kepentingan rakyat, dan tidak dibajak oleh kekuatan uang, maka perlu dilakukan reformasi pembiayaan partai politik, seperti halnya di Jerman dan Australia. Di negara itu, partai politik dibiayai oleh negara.

Sumber: http://www.rakyatmerdekaonline.com/news.php?id=26347

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s